Frequently Asked Questions

1. Mengapa azan di HP saya tidak berbunyi?

Jika notifikasi azan tidak berfungsi, tertunda atau tanpa suara, periksa beberapa langkah ini di perangkat Android kamu.

  1. Pastikan Pengaturan azan telah diatur dengan benar.
    - Masuk ke fitur jadwal salat kemudian pilih waktu salat
    - Klik icon disebelah kanan waktu salat
    - Pastikan notifikasi dalam mode "Azan"
  2. Periksa volume notifikasi pada hp-mu, terdapat 3 mode volume di hp (notifikasi, media, alarm), pastikan volume notifikasi tidak dalam mode senyap.
  3. Pastikan perangkatmu telah memperbolehkan notifikasi KESAN muncul (Munculkan Notifikasi/Show Notifications)
    - Pilih Pengaturan (hp) > Aplikasi > KESAN
    - Aktifkan/pilih/centang "Munculkan Notifikasi/Show Notifications"
  4. Periksa mode hp-mu
    - Pastikan perangkatmu tidak sedang dalam mode “Diam/Silent” atau “Jangan Ganggu/Do Not Disturb”.
  5. Pada beberapa vendor hp ada kebijakan khusus mengenai notifikasi hp yang berkaitan dengan mode hemat baterai. Mode hemat baterai atau mode Daylight Saving Time dapat mempengaruhi notifikasi dan sering mengakibatkan notifikasi tidak di tampilan atau ditampilkan namun tertunda. Pastikan untuk mematikan mode Daylight Saving Time di perangkat anda untuk memastikan notifikasi Adzan diterima tepat waktu. Harap diingat bahwa beberapa produsen Android telah memiliki perangkat yang baterainya tidak dapat dilepas / mode Daylight Saving Time seperti Berikut :
    - Xiaomi
    - Oppo, Vivo, Meizu
    - Huawei
    - Sony Experia

2. Mengapa saya tidak menerima notifikasi Hadis/Hikmah Hari Ini atau Feed?

Jika kamu tidak menerima Hikmah Hari Ini atau Feed di hp-mu, periksalah beberapa langkah ini di perangkat Android kamu.

  1. Pastikan hp-mu terkoneksi dengan internet, karena hikmah dan feed membutuhkan akses internet untuk mengirim pembaharuan setiap harinya.
  2. Pastikan kamu telah memberikan akses aplikasi KESAN untuk Memunculkan Notifikasi/Show Notification pada pengaturan aplikasi di hp-mu

3. Mengapa saya tidak bisa mendapatkan arah kiblat?

Jika kamu tidak dapat menggunakan fitur kompas di hp-mu, periksalah beberapa langkah ini di perangkat Android kamu.

  1. Pastikan GPS di hp-mu sudah aktif
  2. Pastikan hp-mu memiliki sensor kompas
  3. Lakukan kalibrasi untuk mendapatkan arah yang akurat
    - masuk ke fitur kompas
    - klik pengaturan
    - pilih "Kalibrasi Kompas"
    - lakukan kalibrasi sesuai dengan ilustrasi yang dimunculkan
  4. Perhatikan sekitar hp-mu apakah ada medan magnet yang kuat, jika ada coba jauhkan dari hp-mu agar kompas berfungsi dengan normal

4. Mengapa saya gagal mendownload Kitab Kuning?

Jika kamu gagal mendownload kitab kuning di hp-mu, periksalah beberapa langkah ini di perangkat Android kamu.

  1. Pastikan hp-mu terkoneksi dengan internet
  2. Pastikan kamu telah memberikan akses "allow" aplikasi KESAN untuk mengakses media penyimpananmu.
  3. Pastikan memori penyimpanan di hp-mu cukup untuk menyimpan file kitab kuning

5. Bagaimana KESAN mendapatkan jadwal salat?

Metode perhitungan jadwal salat KESAN, diambil dari sumber primer yang telah di verifikasi oleh masjid atau organisasi islam yang ada di kota tersebut. Terdapat beberapa waktu salat untuk kota-kota besar seperti di Negara Perancis, Belgia, United Kingdom (UK), Malaysia, Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) telah diberi logo “verified” dan kami akan melakukan update secara berkala.
Untuk di Indonesia kami menggunakan perhitungan sebagai berikut

  1. Metode
    Majlis Ugama Islam Singapura, Singapore
  2. Lokasi
    Indonesia
  3. Higher latitude adjustment method
    Angle base method
  4. Mahzab
    Shafii, Hanbali, Maliki
  5. Tune (menyesuaikan dengan perhitungan jadwal salat KEMENAG)
    3,3,-3,4,3,3,3,3,0 (Imsak, Fajr, Sunrise, Zhuhr, Asr, Sunset, Maghrib, Isha, Midnight)

6. Mengapa tulisan اَللّٰهُمَّ ("Allahumma") di font Indopak (Kemenag) seperti ada tiponya?

Di beberapa perangkat Android dan iOS, ada yang tidak dapat menampilkan huruf Arab dengan benar. Jika kamu mengalami masalah tampilan dengan huruf Arab kamu dapat mengubahnya di bagian menu Pengaturan.

  1. Masuk ke menu “Lainnya”
  2. Pilih opsi “Pengaturan”
  3. Masuk ke menu “Jenis Font Arab”
  4. Pilihlah jenis huruf yang ingin kamu gunakan
  5. Pada aplikasi KESAN terdapat 3 font Arab yang digunakan
    - Indopak (KEMENAG)
    - Mequran
    - Utsmani
    Ketika ada tulisan yang tidak rapi atau hilang itu disebabkan karena sumber Arab tidak support dengan font yang dipilih, untuk memperbaikinya silakan pilih opsi font lainnya.