Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Rabu, 13 Januari 2021

Feed: 10 Nasihat Rasulullah ﷺ Menghadapi Pandemi (II)

Artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya tentang 10 Nasihat Rasulullah ﷺ Menghadapi Pandemi. Tujuan artikel berseri ini adalah untuk menjelaskan nasihat-nasihat  Rasulullah ﷺ ketika menghadapi pandemi.

6. Menjadikan rumah sebagai masjid sementara

Jika kamu terbiasa shalat berjamaah di masjid atau musholla, dan kamu tinggal di daerah yang rawan wabah atau wabah parah sedang melanda daerahmu, maka untuk sementara waktu kamu bisa melakukan ibadah tersebut di rumah dulu. Nanti setelah pandemi selesai, atau situasi sudah dirasa aman, maka rutinitas ibadah ke masjid atau musholla bisa kamu lakukan lagi.

Rasulullah ﷺ bersabda:

الأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلاَّ الْمَقْبُرَةَ وَالْحَمَّامَ

Bumi ini seluruhnya adalah masjid kecuali kuburan dan kamar mandi (HR. Tirmidzi no. 317).

7. Sabar adalah kebijaksanaan (semua ada obatnya)

Semua penyakit itu ada obatnya, hanya saja, banyak penyakit yang memang belum diketahui apa obatnya secara pasti, seperti Ebola. Namun, manusia harus senantiasa bersabar dan berusaha menghadapi penyakit tersebut dengan ikhlas, sembari tetap ikhtiar mencari dan menemukan obatnya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللَّهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Tidaklah Allah Ta’ala menurukan suatu penyakit, kecuali Allah Ta’ala juga menurunkan obatnya (HR. Bukhari no. 5678).

8. Berobatlah, biar Allah yang sembuhkan

Tugas manusia adalah berikhtiar untuk sembuh dari penyakit. Salah satu bentuk ikhtiar adalah dengan berobat ke dokter, dalam konteks pandemi Covid-19 ini bisa dengan vaksin. Selain ikhtiar, kita juga meminta agar Allah memberikan kesembuhan atas penyakit yang diderita.

Rasulullah ﷺ bersabda:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Semua penyakit ada obatnya. Jika cocok antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah (HR. Muslim no. 2204).

9. Memakai masker wajah

Salah satu cara menghindari penyakit menular di mana transmisi penyebarannya melalui udara, kontak fisik, dan droplet, seperti Covid-19, adalah dengan menggunakan masker wajah. Hal seperti ini telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada umatnya, misalnya saat seseorang bersin.

Rasulullah ﷺ bersabda:

كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

Apabila Nabi ﷺ bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya (HR. Tirmidzi no. 2745).

10. Cuci tangan (pakai sabun)

Cara hidup sehat dan bersih telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Wudhu lima kali sehari adalah upaya minimal untuk mempraktikkan hal tersebut.

Rasulullah ﷺ bersabda:

الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ

Kesucian/bersuci merupakan sebagian dari Iman (HR. Muslim no. 223).

Tetap patuhi protokol kesehatan sahabat KESAN. Jangan lupa selalu berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah, dan selalu berdoa kepada Allah agar diberikan keselamatan, kesehatan, kekuatan, dan kesabaran dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemi Covid-19 ini. Semoga Allah segera menghilangkan penyakit ini dari bumi, dan Allah sembuhkan mereka yang sedang menderita sakit. Aamiin.

###

*Jika artikel di aplikasi KESAN dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin. Download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan. 

**Ingin menulis untuk KESAN dan berbagi ilmu yang berguna? Tunggu apa lagi? Sebab berbagi ilmu itu bukan hanya indah, tetapi juga berpahala. Kirim artikelmu ke salam@kesan.id 

Bagikan artikel ini

Berita terkait