Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Jumat, 02 Oktober 2020

Feed: Imam Al-Ghazali: Manajemen Waktu Seorang Muslim (I)

Imam Al-Ghazali berkata: 

Waktumu adalah kehidupanmu, dan layaknya es, ia akan terus mencair. Maka janganlah kamu biarkan waktumu terbuang percuma.

Ketahuilah perlu ada struktur dalam setiap waktumu. Oleh karena itu, kamulah yang harus mengatur bagaimana kamu menghabiskan waktu siang dan malammu, mengatur rutinitas ibadahmu, dan menetapkan aktivitas (ibadah) untuk setiap periode waktu. 

Hal ini adalah metode untuk mengingat Allah secara terus-menerus—sebuah syarat yang diperlukan untuk mencapai kebahagiaan spiritual (batin). 

Menjelang Waktu Fajar 

Cobalah untuk bangun dari tidurmu sebelum waktu Fajar (Subuh). Dan biasakanlah kata-kata yang pertama keluar dari hati dan lidahmu adalah zikir kepada Allah. Adapun zikir dan doa yang dapat dibaca adalah:

 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Segala puji bagi Allah yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami akan dibangkitkan (HR. Bukhari no. 6314). 

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي فِي جَسَدِي وَرَدَّ عَلَىَّ رُوحِي وَأَذِنَ لِي بِذِكْرِهِ 

 

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan kepadaku, mengembalikan ruh, dan merestuiku untuk berzikir kepada-Nya (HR. Tirmidzi no. 3401). 

Boleh juga membaca doa ini: 

اللَّهُـمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ

Ya Allah, kami mohon bangkitkanlah kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan keburukan atau mempekerjakan orang Islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan. Aku meminta kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini dan kejelekan yang ada di dalamnya (lihat: Bidayatul Hidayah). 

Setelah itu, mandilah dan kenakanlah pakaian yang layak dengan niat mentaati Allah. 

Tunaikanlah shalat sunnah di rumahmu. Lalu pergilah ke masjid sambil berzikir kepada-Nya. Salah satu zikir atau doa yang bisa dibaca, misalnya: 

اَللَّهُـمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى لِسَانِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُورًا وَاجْعَلْ خَلْفِى نُورًا وَأَمَامِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِى نُورًا وَمِنْ تَحْتِى نُورًا اللَّهُـمَّ وَأَعْظِمْ لِى نُورًا

Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya, dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan ya Allah, jadikanlah untukku cahaya (HR. Abu Dawud no. 1353). 

Kemudian tunaikanlah shalat berjamaah di masjid. Sejatinya shalat berjamaah itu 27 kali lebih baik dibanding shalat sendirian (HR. Bukhari no. 645). 

Janganlah lalai untuk melaksanakan perbuatan baik ini, karena apabila kamu lalai, lalu apa manfaat ilmu ini bagimu? Lagipula, nikmatnya ilmu hanya bisa kamu rasakan ketika kamu melaksanakan ilmu itu.

Gunakanlah waktumu untuk berzikir sampai matahari terbit. Misalnya, dengan zikir-zikir berikut ini:

Beristigfar (Mohon ampun)

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ

Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung

Bertasbih (Mensucikan Allah)

 سُبْحَانَ اللَّهِ 

Maha Suci Allah

Bertauhid (Melafalkan kalimat tauhid)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Tidak ada Tuhan selain Allah

Berdoa 

Berdoalah meminta kebaikan di dunia dan akhirat. Misalnya, dengan membaca doa:

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ‏

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ، وَأَهْلِي وَمَالِي‏.‏ اللَّهُـمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي‏

 اللَّهُـمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ مِنْ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan kesehatan yang prima di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan kesehatan yang prima dalam urusan agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan kejelekan) dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, jagalah aku dari arah depan, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku (Al-Adab Al-Mufrad no. 1200). 

Muhasabah (Evaluasi diri)

Renungkan dosa yang pernah kamu perbuat. Berpikirlah bahwa ajalmu sudah dekat, dan rencanakanlah kegiatan hari ini secara hati-hati dengan maksud untuk menaati Allah.

Allah berfirman: 

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ - وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ

Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya  (QS. At-Talaq [65]: 2-3). 

(Artikel ini bersambung)

P.S. Seluruh doa-doa di atas juga tersedia di fitur Doa di KESAN, bisa dilihat di Bab “Tidur & Bangun” atau Bab “Doa Pagi & Petang”. Selamat mengamalkan dan selamat mencoba manajemen waktu ala Imam Al-Ghazali. 

###

*Bagi Sahabat KESAN yang ingin membantu pesantren terbebas dari virus Covid-19, Sahabat bisa ikut berinfak melalui KESAN dengan klik link ini. Infak yang terkumpul akan digunakan untuk membeli alat rapid test dan disalurkan kepada pesantren-pesantren yang membutuhkan. Tidak ada infak yang terlalu kecil, berapa pun insyaAllah bermanfaat. 

**Jika artikel di aplikasi KESAN dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin. Download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan.

Bagikan artikel ini

Berita terkait