Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Minggu, 11 April 2021

Feed: Ramadhan, Orang Tua, dan Shalawat

Suatu ketika Rasulullah ﷺ masuk ke masjid, lalu beliau naik ke atas mimbar dan mengucapkan, “Aamiin, aamiin, aamiin.” 

Para sahabat yang sedang berada di masjid pun penasaran. Mereka lalu bertanya, “Wahai Rasulullah ﷺ mengapa engkau mengucapkan ‘Aamiin’ sebanyak tiga kali?” 

Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa malaikat Jibril datang dan berkata, “Celakalah orang yang sampai pada bulan Ramadhan, tetapi malah menyia-nyiakannya sehingga tidak mendapatkan ampunan Allah.”

Rasulullah ﷺ lalu menjelaskan bahwa beliau mengaminkan ucapan malaikat Jibril itu.  

“Lalu apa yang engkau aminkan kedua wahai Rasulullah?” tanya para sahabat penasaran.

“Celakalah orang yang masih memiliki ibu dan bapaknya yang renta atau tersisa salah satu di antara mereka, tetapi tidak merawat dan berbakti kepadanya. Dan aku pun mengucapkan ‘Aamiin’ terhadap ucapan Jibril itu,” jawab Rasulullah ﷺ.  

“Lalu apa yang engkau aminkan ketiga wahai Rasulullah?” lagi-lagi para sahabat bertanya. 

“Celakalah orang yang bila nama Muhammad disebut, tetapi dia enggan bershalawat kepadaku. Dan aku pun mengucapkan ‘Aamiin’ terhadap ucapan Jibril itu,” pungkas Rasulullah ﷺ.  

Sahabat KESAN yang budiman, sebentar lagi kita insyaAllah akan menyambut bulan Ramadhan. Seperti yang diingatkan oleh Rasulullah ﷺ bahwa bulan Ramadhan adalah bulan untuk menggapai ampunan Allah. Jangan sampai kita melewati bulan Ramadhan tanpa mengisinya dengan ragam ibadah sehingga gagal meraih ampunan Allah. Celaka itu namanya. 

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita meningkatkan intensitas ibadah kita di atas sajadah maupun di masjid (jika memungkinkan dan aman). Bulan Ramadhan bukanlah untuk dilewatkan begitu saja dengan bermain-main, bersenda gurau, atau berselancar di depan layar. 

Bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk bertadarus Al-Qur’an, berdiri untuk shalat malam, berbakti pada orang tua, berzikir, bershalawat, bersedekah, dsbbukan untuk bermain video games, nonton terus-menerus (binge watching), bergosip, dan membuang waktu untuk urusan yang tak berfaedah. 

Adapun berbakti kepada orang tua adalah satu amalan terbaik yang dapat kita lakukan untuk mendekat kepada Allah dan mendapat ampunan-Nya. Pernah suatu ketika seorang pembunuh mendatangi Ibnu Abbas ra. untuk bertaubat. Beliau pun menyarankan lelaki itu untuk betul-betul bertaubat dan rajin beribadah. Ibnu Abbas ra. juga menyuruh lelaki itu berbakti kepada orang tuanya, terutama ibunya.  

‘Atha bin Yasar yang menemani Ibnu Abbas ra. saat menasehati lelaki itu pun bingung. Dia tidak mengerti mengapa Ibnu Abbas ra. menyuruh lelaki itu untuk berbakti kepada orang tuanya. Ibnu Abbas ra. yang dijuluki “Penerjemah Al-Qur’an” itu menjelaskan, “Aku tidak tahu satu amalan pun yang lebih mendekatkan diri kepada Allah selain berbakti kepada orang tua.” 

Yang terakhir, bershalawat kepada Rasulullah ﷺ adalah suatu amalan yang begitu dahsyat. Sebab bukan hanya manusia saja yang bershalawat, tetapi Allah dan para malaikat pun bershalawat seperti yang termaktub dalam Al-Qur’an. Apakah mungkin Allah dan para malaikat melakukan suatu perbuatan yang tidak penting atau sepele? 

Selain itu, bershalawat kepada Rasulullah ﷺ itu dapat menggugurkan dosa dan meninggikan derajat seseorang di mata Allah. 

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat (HR. Nasa’i no. 1297; Imam Ibnu Hajar Al-’Asqalani menilai hadis ini hasan). 

Sahabat KESAN yang budiman, selamat menyambut bulan Ramadhan. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntungbukan celakadisebabkan niat dan ikhtiar kita untuk mengisi Ramadhan dengan ragam ibadah. Aamiin, aamiin, aamiin. 

Referensi: HR. Ibnu Hibban no. 907, Al-Adabul Mufrad no. 4, QS. Al-Ahzab [33]: 56 

###

*Jika artikel di aplikasi KESAN dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin. Download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan. 

**Ingin menulis untuk KESAN dan berbagi ilmu yang berguna? Tunggu apa lagi? Sebab berbagi ilmu itu bukan hanya indah, tetapi juga berpahala. Kirim artikelmu ke salam@kesan.id 

Bagikan artikel ini

Berita terkait