Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Selasa, 27 September 2022

Habib Umar bin Hafiz: Membangun Kedekatan dengan Allah dan Rasul-Nya di Bulan Rabiul Awal

Hari ini, pada tangga 27 September 2022, kita berada di awal bulan Rabiul Awal 1444 H. Bulan ini juga dikenal dengan bulan Maulid. Pada bulan ini, Rasulullah ﷺ lahir, hijrah, dan wafat.

Bulan Rabiul Awal adalah waktu yang paling baik bagi kita untuk semakin dekat dengan Rasulullah ﷺ, dan menjadi salah satu saudaranya, sebagaimana sabda beliau ﷺ:

وَدِدْتُ أَنَّا قَدْ رَأَيْنَا إِخْوَانَنَا

Aku ingin melihat saudara-saudara kita (HR. Muslim no. 249).

Saudara-saudara Rasulullah ﷺ adalah umat yang belum pernah bertemu dengan beliau dan beriman kepadanya. Mereka dikenal melalui bekas wudhu di wajahnya yang bersinar terang di akhirat kelak.

Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ adalah rahmat bagi seluruh alam. Kedatangan beliau ﷺ adalah cahaya untuk bumi dan semesta alam. Seorang mukmin hendaknya menjadikan Allah dan Rasulullah ﷺ sebagai tujuan cintanya.

Seorang mukmin tidak akan mencintai sesuatu melebihi cinta kepada Allah dan Rasulullah ﷺ. Maka bagaimana kita menggapai cinta dan kedekatan dengan Allah dan Rasulullah ﷺ di bulan Maulid? Berikut uraiannya:

Membersihkan hati

Wejangan-wejangan rohani hanya bisa didapatkan oleh orang yang senantiasa menjaga kebersihan hati. Noda-noda hati yang muncul dari maksiat hanya dapat dihapus dengan taubat dan amal shaleh.

Habib Umar bin Hafiz menyarankan agar kita membuat halaqah atau berkumpul di setiap ruangan di rumah kita untuk berzikir dan membaca sirah Nabi ﷺ, baik melalui buku sejarah maupun maulid yang disusun para ulama.

Berzikir dan membaca maulid dapat membawa cahaya ke dalam rumah kita. Ia adalah perhiasan yang membuat rumah menjadi lebih nyaman. Berzikir dan membaca sirah Nabi ﷺ dapat meningkatkan takwa dan mendekatkan kita dengan Rasulullah ﷺ.

Membaca dan mengikuti petunjuk Al-Qur’an dan sunnah

Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul-Nya sebagai petunjuk. Siapa yang membaca Al-Qur’an di rumahnya, maka rumah itu akan bersinar terang di langit sebagaimana cahaya bintang yang indah dan berkilau.

Al-Qur’an menyatakan, bahwa semua perkataan Rasulullah ﷺ adalah bagian dari wahyu, dan sabda beliau ﷺ adalah petunjuk dari Allah. Allah berfirman:

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوٰى

اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ

Dan tidak pula berucap (tentang Al-Qur’an dan penjelasannya) berdasarkan hawa nafsu(-nya).

Ia (Al-Qur’an itu) tidak lain, kecuali wahyu yang disampaikan (kepadanya) (QS. AN-Najm [53]: 3-4).

Dalam ayat lainnya, Allah berfirman:

وَاِنْ تُطِيْعُوْهُ تَهْتَدُوْاۗ وَمَا عَلَى الرَّسُوْلِ اِلَّا الْبَلٰغُ الْمُبِيْنُ

Jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan jelas (QS. An-Nur [24]: 54).

Ayat-ayat di atas menyiratkan bahwa hanya dengan mengikuti petunjuk Rasulullah ﷺ kita dapat berada di jalan yang lurus dan sukses baik di dunia maupun akhirat.

Sahabat KESAN, Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang Allah pilih untuk Rasulullah ﷺ, hamba pilihan sekaligus kekasih-Nya. Mari sambut Rabiul Awal dengan sebaik-baiknya. Mari raih cinta Allah dan Rasul-Nya, karena seseorang hanya akan bersama orang yang dicintainya. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:

الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

Setiap orang akan bersama orang yang ia cintai (HR. Bukhari no. 6168).

Wallahu a’lam bi ash-shawabi.

Copyright © KESAN

Editor: Rif’atul Mahmudah

###

*Suka dengan artikel ini? Ayo bagikan ke lebih banyak orang untuk menyebarkan manfaatnya. Semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua.

**Jangan lupa download atau update aplikasi KESAN sekarang! Gratis, lengkap, dan bebas iklan.

***Jika punya tulisan menarik, silakan kirim tulisanmu ke [email protected]. Akan kami kabari jika bagus untuk dimuat!

Bagikan artikel ini

Berita terkait