Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Minggu, 17 Januari 2021

Kisah Hikmah: "Kain Kafan" dari Nabi ﷺ

Dahulu di Madinah, hiduplah seorang wanita yang bekerja sebagai penenun kain. Biasanya, kain yang telah selesai ditenun ia jual di pasar.

Suatu hari, si wanita ingin menenun kain untuk dihadiahkan kepada Rasulullah ﷺ.  Si wanita pun menenunnya dengan sepenuh hati. Hal itu dilakukan agar menghasilkan kain tenunan terbaik.

Beberapa hari kemudian, si wanita bergegas menemui Rasulullah ﷺ dengan membawa kain tenunannya. 

“Wahai Rasulullah ﷺ, kain ini aku tenun dengan tanganku sendiri dan ingin aku hadiahkan kepadamu,” ungkap si wanita.

Rasulullah ﷺ menerima kain itu dengan penuh penghormatan. Beliau ﷺ pun menggunakan kain itu sebagai sarungnya.

Suatu hari Rasulullah ﷺ keluar rumah dan menggunakan kain tersebut. Salah seorang sahabat rupanya tertarik dengan kain yang digunakan oleh Rasulullah ﷺ.

“Wahai Rasulullah ﷺ, indah sekali kain itu. Bolehkah aku memilikinya?” pinta sang  sahabat.

Tanpa berpikir panjang, Rasulullah ﷺ menjawab, “Baik, tunggu aku kembali  ke rumah dahulu, nanti akan kukirimkan ke rumahmu.”

Setelah kembali ke rumah, Rasulullah ﷺ segera melipat kain tersebut dan mengirimkan ke rumah sahabat tadi. Para sahabat lain yang mengetahui hal tersebut kemudian menemui sahabat yang meminta kain tadi untuk menegurnya.

“Perbuatanmu sungguh tidak pantas. Rasulullah ﷺ membutuhkan kain itu, tapi kamu malah memintanya. Padahal kamu paham, Rasulullah ﷺ sangatlah dermawan. Dan Rasulullah ﷺ bukanlah orang yang suka menolak permintaan,” tegur seorang sahabat lainnya.

Si sahabat tadi kemudian berkata, “Demi Allah, aku memintanya bukan untuk kugunakan sehari-hari. Namun, aku memintanya sebagai kain kafanku kelak.” 

Dan benar saja, ketika sahabat itu wafat, kain hadiah itulah yang dipakai untuk mengkafaninya.

~ Wahai sahabatku, kain yang akan dipotong dan digunakan untuk mengkafanimu mungkin saja sudah sampai di pasar, tapi kamu tidak sadar (Imam Al-Ghazali). 

Referensi: HR. Bukhari no. 5810

 ###

*Jika artikel di aplikasi KESAN dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua.Aamiin. Download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan. 

**Ingin menulis untuk KESAN dan berbagi ilmu yang berguna? Tunggu apa lagi? Sebab berbagi ilmu itu bukan hanya indah, tetapi juga berpahala. Kirim artikelmu ke salam@kesan.id 

Bagikan artikel ini

Berita terkait