Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Artikel
  • Sabtu, 10 April 2021

Tanya Dalil: Sedekah Terbaik adalah di Bulan Ramadhan?

Pertanyaan (Agus): 

Apakah benar sedekah terbaik adalah di bulan Ramadhan? Adakah dalilnya? 

Jawaban:

Anas bin Malik ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ pernah ditanya sedekah apa yang terbaik, lalu Rasulullah ﷺ menjawab: 

صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Sedekah di bulan Ramadhan (HR. Tirmidzi no. 663).

Imam Al-Mundziri menilai hadis di atas “sahih atau hasan atau mendekati keduanya.” 

Imam Tirmidzi menilai hadis di atas gharib, sedangkan Hafizh Al-Iraqi menilainya lemah. Sekalipun lemah, hadis di atas boleh diamalkan karena terkait keutamaan amalan-amalan baik (fadhilah amal) bukan terkait akidah, sifat-sifat Allah, dan halal-haram. 

Tak kalah penting, hadis di atas memiliki penguat. 

Ibnu Abbas ra. meriwayatkan: 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ‏

Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah ﷺ melebihi angin yang berhembus (HR. Bukhari no.6).

Singkatnya, memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan adalah suatu hal yang baik dan amat dianjurkan. 

Wallahu a’lam bish ash-ahawabi.

*Tanya dalil adalah rubrik baru di KESAN, yang membantu Sahabat untuk menemukan dalil-dalil terkait tema-tema keislaman. Di rubrik “Tanya Dalil” setiap pertanyaan akan dijawab secara singkat dengan menampilkan dalil-dalil yang dimaksud. Nah, bagi Sahabat yang ingin bertanya tentang dalil persoalan-persoalan keislaman, Sahabat bisa mengirimkan pertanyaannya langsung ke email redaksi@kesan.id dengan subjek “Tanya Dalil”.

Bagikan artikel ini

Berita terkait