Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Berita
  • Sabtu, 16 Januari 2021

Update Kitab Kuning, Azan, dan Kiblat 

Assalamu’alaikum Sahabat KESAN yang budiman.

Semoga pesan ini menjumpai Sahabat dalam keadaan sehat walafiat.

Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari Sahabat, jumlah kitab dan buku Islami yang ada di KESAN telah mencapai 736 buah. Dan KESAN terus berkomitmen menambah kitab dan buku setiap harinya. 

Selain itu, di versi terbaru KESAN, sekarang ada fitur ‘view’ kitab secara online. Sehingga Sahabat bisa melihat kitab atau buku terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendownload. Fitur ‘view’ juga memungkinkan Sahabat melakukan search.

Tentunya, kitab yang sudah diunduh (download) dapat dinikmati offline. File kitab kuning yang didownload disimpan pada memori internal HP. Jika Sahabat melakukan clear data aplikasi KESAN, maka data hasil download akan ikut terhapus. Begitu pula jika Sahabat menggunakan aplikasi pembersih data atau sejenisnya.

Sering sekali kami menerima laporan dan request kitab dari Sahabat. Setelah kami cek, sebetulnya kitab-kitab tersebut sudah (sejak lama) tersedia di KESAN. Dari mulai Jurumiyah, Imrithi, Safinatun Najah, Aqidatul Awam, Sulam Taufik, Ta'lim Muta'alim, Fathul Muin, Qurrotul Uyun, Fathul Izar, hingga Ihya Ulumuddin sudah tersedia. Sebagian juga sudah ada terjemahannya.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk memanfaatkan fitur search kitab dengan baik. Dan mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci berbeda. 

Jika Sahabat mengalami kendala dalam mengunduh kitab, mohon lakukan langkah berikut:

1. Pastikan Sahabat menggunakan aplikasi KESAN versi terbaru. Jika belum, silakan update melalui link ini

Atau bagi pengguna iOS silahkan klik disini

2. Pastikan HP Sahabat terkoneksi dengan internet secara stabil. Kami amat menyarankan mendownload menggunakan wi-fi. Terkadang, gangguan sedikit dapat menyebabkan gagal download. Hal ini sedang kami perbaiki.

3. Pastikan Sahabat telah memberikan akses "allow" aplikasi KESAN untuk mengakses media penyimpanan. Untuk memberikan akses penyimpanan dapat dilakukan dengan cara masuk ke settingan HP -> application -> pilih aplikasi KESAN -> enable pada bagian storage/penyimpanan.

4. Pastikan memori penyimpanan cukup untuk menyimpan hasil download Kitab Kuning. Kadang di beberapa device, manual settingnya meminta lebih dari 500 mb ruang memori kosong atau 3 Gb di beberapa HP Realme. Dan hal ini di luar kuasa kami, sebab hal itu merupakan setting HP masing-masing. 

Jika ada kendala teknis, Sahabat dapat mengontak Tim Teknis KESAN di:

(1) 0823-3791-7619 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

(2) 0813-3520-7975 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

Terima kasih banyak atas perhatian dan pengertiannya. 

Azan & Jadwal shalat 

Jadwal shalat di KESAN telah direview oleh para ahli ilmu falak, dan dinyatakan akurat. Terkadang ada perbedaan 1-3 menit dengan kalkulasi KEMENAG. Namun itu masih di batas kewajaran (kebolehan) disebabkan perbedaan metodologi.

Jika azannya telat lebih dari itu, bahkan hingga beberapa jam, maka hal itu dikarenakan doze mode (mode tidur)  atau mode hemat baterai yang ada di tiap-tiap device. Oleh karena itu, perlu dilakukan setting secara manual. Begitu juga bila tidak keluar suara azan, mohon kiranya berkenan melakukan langkah berikut:

1. Mohon pastikan Sahabat menggunakan aplikasi KESAN versi terbaru. Jika belum, silakan update melalui link ini

Atau bagi pengguna iOS silahkan klik disini

2. Mohon ikuti guideline video manual setting per device berikut: Klik di sini

3. Jika belum juga berhasil, silahkan kontak tim teknis KESAN di nomor WA:

(1) 0823-3791-7619 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

(2) 0813-3520-7975 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

InsyaAllah kami akan dengan senang hati membantu secara remote. 

Panduan setting dan informasi lainnya juga dapat ditemukan di “Lainnya” dan “FAQ” (Pertanyaan Umum).

Arah Kiblat 

KESAN berupaya menunjuki arah kiblat yang akurat. Untuk itu, KESAN memerlukan sensor kompas tersedia di HP Sahabat. Jika HP Sahabat tidak mempunyai sensor kompas, maka sayangnya KESAN tidak dapat menunjuki arah kiblat. 

Jika Sahabat memiliki sensor kompas, tetapi fitur arah kiblat tidak berfungsi, silahkan kontak tim teknis KESAN di nomor WA:

(1) 0823-3791-7619 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

(2) 0813-3520-7975 atau tinggal klik link ini langsung terhubung

Terkait akurasi, silakan lakukan kalibrasi jika dirasa arah kiblatnya tidak/kurang akurat. Kalibrasi juga amat disarankan bila Sahabat sedang bepergian atau berpindah dari satu daerah ke daerah lain. Hal ini karena aplikasi KESAN tidak melacak atau memonitor pergerakan pengguna KESAN

Terakhir, insyaAllah akan ada update keren (surprise) bulan depan. Mohon doa dan dukungannya. 

Terima kasih telah menjadi bagian tak terpisahkan dari KESAN. 

Salam hormat,

 

Sahabatmu di KESAN. 

Bagikan artikel ini

Berita terkait