Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Islam
  • Sabtu, 24 Oktober 2020

Video: Mensyukuri Nikmat Islam dan Kuis Mingguan

Mungkin pernah terbersit di dalam benak kita, mengapa kita yang seorang muslim terkadang tidak sesejahtera mereka yang hidup tanpa iman kepada Allah? 

Dalam satu riwayat pernah diceritakan bahwa sahabat Umar bin Khattab ra. pergi mendatangi rumah Rasulullah ﷺ. Dan ketika sampai, Rasulullah ﷺ sedang tertidur di atas dipan yang terbuat dari serat, hingga terbentuklah bekas dipan tersebut di lambung beliau ﷺ.

Melihat hal ini Umar menangis karena tak tega melihat keadaan Rasulullah ﷺ. Lantas Rasulullah ﷺ pun bertanya kepada Umar, “Mengapa engkau menangis wahai Umar?” 

Umar pun menjawab sambil terisak, “Bagaimana aku tidak menangis, sebab aku melihat tikar ini membekas di rusukmu, dan aku tidak melihat sesuatu pun di tempat penyimpanan barangmu ini selain apa yang telah aku lihat, padahal istana Persia dan kekaisaran Romawi berlimpah-limpah dengan buah-buahan dan sungai-sungai, sedangkan engkau adalah Rasulullah ﷺ dan orang pilihan-Nya, hanya beginilah rumahmu?”

Rasulullah ﷺ bersabda, “Wahai Umar, tidak sukakah kamu jika akhirat untuk kita, sedangkan dunia untuk mereka?” (lihat HR. Muslim no. 1479 & Ibnu Majah no. 4153). 

Berikut adalah ulasan singkat tentang bagaimana sesungguhnya Allah telah memberikan kenikmatan yang begitu dahsyat kepada kita: nikmat Iman dan Islam. Namun, terkadang kita melupakannya. Simak penjelasan dari KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) yang dikemas secara apik oleh Tim Santri Gayeng

Bonus Konten: Kuis Islami Mingguan Ber-KESAN

Spesial untuk sahabat KESAN, sekarang setiap hari Sabtu kita akan mengadakan Kuis Mingguan ber-KESAN. Kuis ini diambil dari materi Feed dan Hikmah di KESAN selama seminggu terakhir. Selamat berkuis dan mengulang (muthola'ah) yang kamu pelajari minggu ini. Klik link ini untuk mengikuti kuis mingguan ber-KESAN. Jangan lupa ajak keluarga dan kerabatmu untuk ikut kuis ini ya!  

Bagikan artikel ini

Berita terkait