Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Video
  • Sabtu, 03 Oktober 2020

Video: Rahasia Basmalah

Kalimat basmalah (bismillahir-rahmanir-rahim) memang sekilas sederhana dan mudah untuk diucapkan, tetapi maknanya sungguh sangat dalam. Jika kita telaah, Al-Qur’an diawali dengan surat Al-Fatihah, dan surat Al-Fatihah diawali dengan kalimat basmalah.  Saat mengirim surat untuk para raja dan pembesar, Rasulullah ﷺ juga memulainya dengan basmalah. 

Tak kalah penting, Rasulullah ﷺ telah mencontohkan bahkan memerintahkan kita untuk membaca basmalah ketika kita hendak memulai aktivitas, dari mulai berwudhu, makan, masuk WC, hingga berhubungan suami istri.  Dalam sebuah hadis disebutkan:

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم أقطع

Setiap perkara penting yang tidak diawali dengan bismillahir-rahmanir-rahim maka dia akan terputus (berkurang keberkahannya) (HR. Ibnu Hibban, Khatib Al-Baghdadi, dan lainnya). 

Masih banyak makna yang terdapat dalam kalimat basmalah. Berikut adalah ulasan singkat tentang rahasia basmalah dari Syeikh Shalahuddin Fakhry yang dikemas secara apik oleh Tim Sanad Media

Bagi Sahabat KESAN yang ingin membantu pesantren terbebas dari virus korona, sahabat bisa ikut berinfak melalui KESAN dengan klik link ini. Infak yang terkumpul akan digunakan untuk membeli alat rapid test dan disalurkan kepada pesantren-pesantren yang membutuhkan. Tidak ada infak yang terlalu kecil, berapa pun insyaAllah bermanfaat. 

Bagikan artikel ini

Berita terkait