Berita KESAN

  • Redaksi Kesan
  • Islam
  • Sabtu, 31 Oktober 2020

Video: Ridha Terhadap Takdir Allah dan Kuis Mingguan

Salah satu rukun iman yang wajib kita yakini adalah beriman kepada takdir Allah, baik takdir baik maupun buruk. Kita wajib percaya bahwa setiap takdir berasal dari Allah, dan kita harus lapang hati dan ridha menerimanya. 

Namun demikian, tak jarang kita merasa berat hati dalam menerima takdir Allah. Tak jarang kita mengeluh terhadap takdir Allah, bahkan terkadang terhadap takdir baik-Nya. Padahal Allah pasti akan memberikan hikmah pada setiap kejadian yang kita alami. 

Nabi Muhammad ﷺ pernah bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya terjadi pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah baik baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah baik baginya (HR. Muslim no. 2999).

Berikut adalah ulasan singkat ulama Mesir Mutawalli As-Sya'rawi tentang bagaimana Allah memberikan hikmah kepada umatnya yang ridha akan takdir-Nya yang dikemas secara apik oleh Tim Sanad Media. 

Bonus Konten: Kuis Islami Mingguan Ber-KESANSpesial untuk sahabat KESAN, sekarang setiap hari Sabtu kita akan mengadakan Kuis Mingguan ber-KESAN. Kuis ini diambil dari materi Feed dan Hikmah di KESAN selama seminggu terakhir. Selamat berkuis dan mengulang (muthola'ah) yang kamu pelajari minggu ini. Klik link ini untuk mengikuti kuis mingguan ber-KESAN. Jangan lupa ajak keluarga dan kerabatmu untuk ikut kuis ini ya!

Bagikan artikel ini

Berita terkait